Program
& Pemrograman
·
Program
adalah “resep” yang berupa himpunan intruksi yang dilakukan komputer untuk
menyeselaikan suatu masalah yang di berikan
·
Pemrograman adalah kegiatan menyusun program dengan
suatu bahasa pemrograman komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.
·
Bahasa
Pemograman
Bahasa
Pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi
kepada komputer dan
dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi.
·
KATEGORI BAHASA PEMROGRAMAN
Ø Bahasa Pemrograman Tingkat
Rendah
ü Bahasa pemrograman generasi pertama.
ü Bahasa mesin.
ü Bahasa assembly dengan menggunakan assembler. Pemetaan satu persatu
terhadap instruksi komputer.
Ø
Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
ü Penggunaan
instruksi telah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun masih cukup sulit untuk
dimengerti.
ü Menggunakan
singkatan-singkatan, seperti STO yang berarti simpan (STORE) dan MOV yang
artinya pindah (MOVE).
ü Fortan,
Ø
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
ü mudah
dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari-hari.
ü Menggunakan
compiler , penterjemah bahasa.
ü Contoh :
JAVA, C++, .NET, Matlab.
·
ALUR PEMBUATAN PROGRAM
Langkah-langkah
sistematis dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman, yaitu:
ü Mendefinisikan
masalah
ü Menganalisa
dan membuat rumusan pemecahan masalah.
ü Desain
algoritma dan representasi.
ü Pengkodean,
Uji Coba dan pembuatan dokumentasi.
1. Definisi Permasalahan
} Programmer umumnya mendapatkan tugas berdasarkan
sebuah permasalahan
} Pendefinisian
yang jelas adalah sebagian dari penyelesaian masalah.
} Input dan
output
} “Buatlah sebuah program untuk menampilkan
berapa kali sebuah nama tampil pada sebuah daftar”
2. Analisis Permasalahan
} Perumusan
masalah
} Dipilah menjadi
beberapa bagian kecil dan ringkas
Contoh
masalah:
Menampilkan jumlah kemunculan sebuah nama
pada daftar
Input
Terhadap Program:
Daftar Nama dan Nama yang akan dicari
Output
Dari Program:
Jumlah kemunculan nama yang dicari
3.
Desain Algoritma dan Representasi
} Membuat
rumusan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan.
} Algoritma
adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis dan logis.
} Menggunakan
grafik melalui sebuah flowchart (diagram alir) atau melalui PseudoCode (kode
palsu) yang menjembatani antara bahasa manusia dengan bahasa pemrograman
} Mengekspresikan
cara penyelesaian melalui bahasa manusia :
o
Tentukan daftar nama
o
Tentukan nama yang akan dicari/kata kunci
o
Bandingkan kata kunci dengan setiap nama yang ada pada
daftar nama
o
Jika kata kunci sama dengan nama yang ada pada daftar
nama maka tambahkan nilai 1 pada hasil perhitungan
o
Jika seluruh nama telah dibandingkan, tampilkan hasil
perhitungan.
} Mengekspresikan
cara penyelesaian melalui Diagram alir (FlowChart) :
} FlowChart
(diagram alir) adalah representasi grafis dari langkah-langkah yang harus
diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan
simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan kegiatan tertentu.
} Mengekspresikan
cara penyelesaian melalui Diagram alir (FlowChart) :
} Mengekspresikan
cara penyelesaian melalui Pseudocode (kode palsu):
o
listNama = Daftar Nama
o
keyNama = Nama yang dicari
o
Hitung = 0
o
Untuk setiap nama pada Daftar Nama lakukan :
§ Jika
keyNama == listNama
§ Hitung =
Hitung +1
§ Tampilkan
Hitung
4.
Pengkodean, Uji Coba dan Pembuatan Dokumentasi
} Menggunakan
algoritma sebagai pedoman, maka kode program dapat ditulis sesuai dengan bahasa
pemrograman yang dipilih.
} Menguji
program tersebut.
} Bugs, terjadi kesalahan-kesalahan logika pada program
} Debugging, proses mengkaji ulang rumusan/algoritma yang telah
dibuat, kemudian memperbaiki implementasi kode program yang mungkin keliru.
} Runtime error, Umumnya kesalahan yang
terjadi adalah kesalahan logika seperti perulangan tak berakhir atau kesalahan
penetapan kondisi atas nilai yang salah.
} Untuk
memudahkan dalam memeriksa suatu kesalahan suatu program ataupun memahami
jalannya program, dokumentasi diperlukan.
Komentar
Posting Komentar