Apa itu program dan pemograman ?



Program & Pemrograman

·         Program adalah “resep” yang berupa himpunan intruksi yang dilakukan komputer untuk menyeselaikan suatu masalah yang di berikan
·         Pemrograman adalah kegiatan menyusun program dengan suatu bahasa pemrograman komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.
·         Bahasa Pemograman
Bahasa Pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer dan dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi.
·           KATEGORI BAHASA PEMROGRAMAN
Ø    Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
ü  Bahasa pemrograman generasi pertama.
ü  Bahasa mesin.
ü  Bahasa assembly  dengan menggunakan assembler. Pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer.
Ø  Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
ü  Penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun masih cukup sulit untuk dimengerti.
ü  Menggunakan singkatan-singkatan, seperti STO yang berarti simpan (STORE) dan MOV yang artinya pindah (MOVE).
ü  Fortan,
Ø  Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
ü  mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari-hari.
ü  Menggunakan compiler , penterjemah bahasa.
ü  Contoh : JAVA, C++, .NET, Matlab.
·           ALUR PEMBUATAN PROGRAM
       Langkah-langkah sistematis dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman, yaitu:
ü  Mendefinisikan masalah
ü  Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah.
ü  Desain algoritma dan representasi.
ü  Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi.

1.      Definisi Permasalahan
}                          Programmer umumnya mendapatkan tugas berdasarkan sebuah permasalahan
}  Pendefinisian yang jelas adalah sebagian dari penyelesaian masalah.
}  Input dan output
}  “Buatlah sebuah program untuk menampilkan berapa kali sebuah nama tampil pada sebuah daftar”

2.      Analisis Permasalahan
}  Perumusan masalah
}  Dipilah menjadi beberapa bagian kecil dan ringkas
Contoh masalah:
     Menampilkan jumlah kemunculan sebuah nama pada daftar
Input Terhadap Program:
     Daftar Nama dan Nama yang akan dicari
Output Dari Program:
     Jumlah kemunculan nama yang dicari 

3.     Desain Algoritma dan Representasi
}  Membuat rumusan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan.
}  Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
}  Menggunakan grafik melalui sebuah flowchart (diagram alir) atau melalui PseudoCode (kode palsu) yang menjembatani antara bahasa manusia dengan bahasa pemrograman
}  Mengekspresikan cara penyelesaian melalui bahasa manusia :
o   Tentukan daftar nama
o   Tentukan nama yang akan dicari/kata kunci
o   Bandingkan kata kunci dengan setiap nama yang ada pada daftar nama
o   Jika kata kunci sama dengan nama yang ada pada daftar nama maka tambahkan nilai 1 pada hasil perhitungan
o   Jika seluruh nama telah dibandingkan, tampilkan hasil perhitungan.
}  Mengekspresikan cara penyelesaian melalui Diagram alir (FlowChart) :
}  FlowChart (diagram alir) adalah representasi grafis dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan kegiatan tertentu.
}  Mengekspresikan cara penyelesaian melalui Diagram alir (FlowChart) :
}  Mengekspresikan cara penyelesaian melalui Pseudocode (kode palsu):
o   listNama = Daftar Nama
o   keyNama = Nama yang dicari
o   Hitung = 0
o   Untuk setiap nama pada Daftar Nama lakukan :
§  Jika keyNama == listNama
§  Hitung = Hitung +1
§  Tampilkan Hitung

4.       Pengkodean, Uji Coba dan Pembuatan Dokumentasi
}  Menggunakan algoritma sebagai pedoman, maka kode program dapat ditulis sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipilih.
}  Menguji program tersebut.
}  Bugs, terjadi kesalahan-kesalahan logika pada program
}  Debugging, proses mengkaji ulang rumusan/algoritma yang telah dibuat, kemudian memperbaiki implementasi kode program yang mungkin keliru.
}  Runtime error, Umumnya kesalahan yang terjadi adalah kesalahan logika seperti perulangan tak berakhir atau kesalahan penetapan kondisi atas nilai yang salah.
}  Untuk memudahkan dalam memeriksa suatu kesalahan suatu program ataupun memahami jalannya program, dokumentasi diperlukan.

Komentar